Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas

Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas, 29 Juni 2022

Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas kembali sosialisasikan PAUD HI (Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif) kepada 50 satuan PAUD. Sebagaimana dengan komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini seperti tercantum pada Peraturan Presiden No. 60 Tahun 2013. Hal ini juga selaras dengan program Bunda PAUD Kabupaten Musi Rawas (HJ. Ratna Machmud) yang juga Bupati Musi Rawas. Sehingga sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas terhadap PAUD HI diantaranya dengan terbitnya Praturan Bupati Musi Rawas No. 38 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan PAUD 1 Tahun Pra SD, dan Keputusan Bupati Musi Rawas Nomor 622/KPTS/DISDIK/ 2021Tentang Gugus Tugas PAUD HI.

Selanjutnya untuk mewujudkankannya Pemerintah Daerah telah menyelanggarakan Rencana Aksi Daerah PAUD HI. Hingga 2024 semua PAUD di Musi Rawas diharapkan telah mengimplementasikan PAUD HI, Sehingga untuk mewujudkannya mulai 2021 telah dilaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis PAUD HI kepada lebih kurang 150 satuan PAUD. Pada tahun ini ada 50 satuan PAUD yang mendapat pembekalan PAUD HI, Denagn melibatkan narasumber dari lintas OPD dan oraganisasi mitra serta fasilitator yang kompeten.

Berikut nara sumber pada pembekalan PAUD HI yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 29 sampai dengan 30 Juni 2022 dan dibuka oleh sekretaris Dinas Pendidikan (Supriyadi, M.Pd).

1. Dra. Hj. Rita Mardiah, MM ( Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Mura)

2. Supriyadi, M.Pd (Sekretaris Dinas Pendidikan)

3. Johan Wahyudi, S.Pd (Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan)

4. Hj. Pratama Wani (Ketua Forum PAUD Kabupaten Mura/ Ormit)

5. Dwi Purwanto, M.Pd (Kasi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan PNF)

6. dr. Syarifa (Kabid Kesehatan Masyarakat dan Gizi Dinas Kesehatan Mura)

7. Drs. Sutarmin (Analisis Pengendalian Penduduk Dinas PPKB)

8. Retno Widowati, S.Pd (Fasilitator/ pengelola PAUD)

9. Drh. Diana Widji Astuti (Fasilitator/pengelola PAUD)

Dengan dilaksanakan sosialisasi ini satuan PAUD memiliki bekal untuk meingimplementasikan sehingga satuan PAUD dapat menjadi Hub (pusat kegiatan) dan dapat menjadi penghubung sehingga kebutuhan akan tumbuh kembang anak berupa pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, perlindungan dan kesejahteraan dapat terpenuhi (Johan Wahyudi, S.Pd, Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas).

 by. admin

 

 

Tinggalkan Komentar: